Kamis, 30 September 2010

RESUME ANAK CERDAS DAN BERBAKAT ISTIMEWA

Anak yang berbakat istimewa atau yang sering disebut dengan gifted child adalah anak yang mempunyai mempunyai potensi luar biasa dalam artian bahwa gifted child mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Kemampuan yang dimiliki oleh gifted child adalah kemampuan bawaan berupa potensi yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis. Pelatihan yang serius maksudnya adalah gifted child butuh perhatian yang lebih dalam bidang minat, bakat dan pendidikan agar potensi yang dimilikinya bisa berkembang. Kemudian yang di maksud dengan sistematis adalah perlu adanya kurikulum dan sekolah khusus bagi gifted child karena mereka adalah aset bagibangsa kita di masa depan.2% dari penduduk Indonesia/sekitar 1,3 juta jiwa adalah penduduk Indonesia yang mcerdas dan berbakat istimewa.
Ada beberapa ciri anak gifted yaitu:
·         Kemampuan di atas rata- rata
·         Kreativitas mencakup kelancaran, fleksibelitas dan keaslian pemikiran
·         Task komitmen yaitu mengubah motivasi menjadi tindakan
 Perbedaan anak cerdas dan gifted adalah anak cerdas memiliki gagasan yang bagus dan populer sementara anak gifted memiliki gagasan yang konyol, aneh, dan di luar keumuman. "Maka anak gifted seringkali menjadi inisiator. Anak cerdas mengambil kesimpulan dari sutu kejadian sedangkan anak giftedmempertanyakan keputusan.
Anak terkadang susah diatur karena keingintahuan mereka dan menurut sebagian orang hal itu sangat  menjengkelkan. ia selalu mempertanyakan sesuatu sehingga guru tidak bisa jawab orang tua kebingungan dan akhirnya anak tersebiut diabaikan atau tidak diperdulikan sehingga bakat anak tersebut terabaikan. Hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi oleh karena itu anak gifted sebaiknya menjadi bahan pertimbangan bagi dokter, pedagog, psikolog, guru, dan orangtuanya untuk mengenalnya lebih dalam.
 Jadi, dalam implikasinya gifted child cepat dalam menyelesaikan tugas, ungguldalam pemikiran yang abstrak dan dibutuhkan lembaga khusus yang menjadi tempat gifted chid bisa mengembangkan potensi nya secara utuh dan optimal. Dalam lembaga khusus tersebut jaga harus ada yang namanya kurikulum khusus, guru yang profesional dan subsidi pemerintah sebagai wujud kepedulian terhadap gifted child.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar